Rabu, 28 November 2007

5 Gadis Bijaksana dan 5 Gadis Bodoh

by Theresia


Matius 25 : 1-13

Ada 2 tipe gadis (= gadis berbicara orang Kristen) :
1. Bijaksana/smart
2. Bodoh/silly

Persamaan keduanya :
Sama2 bawa lampu, sama2 menunggu mempelai pria, sama2 tertidur. (= Sama2 orang Kristen yang menunggu kedatangan Tuhan kedua kalinya)

Perbedaan keduanya :
Gadis bijaksana membawa minyak untuk lampu mereka, gadis bodoh tidak bawa persediaan minyak.

Apa yang terjadi ketika mempelai pria datang :
Lampu (= pelita bicara tentang Roh Tuhan yang ada dalam roh kita) gadis bodoh padam, sehingga mereka minta minyak kepada gadis bijaksana.

Luk 11:34 Matamu adalah pelita tubuhmu. Jika matamu baik, teranglah seluruh tubuhmu, tetapi jika matamu jahat, gelaplah tubuhmu.
Luk 11:35 Karena itu perhatikanlah supaya terang yang ada padamu jangan menjadi kegelapan.
Pro 20:27 Roh manusia adalah pelita TUHAN, yang menyelidiki seluruh lubuk hatinya.

Gadis bodoh yang lampunya padam : Rohnya padam, tidak berapi-api lagi dengan Tuhan, suam2 kuku, tidak ada gairah untuk bersekutu dengan Tuhan, baca Firman Tuhan, kasihnya kepada Tuhan mulai padam,dsb.
Pro 24:20 Karena tidak ada masa depan bagi penjahat, pelita orang fasik akan padam.

Gadis bijaksana yang lampunya tetap menyala : Rohnya tetap berapi-api, tetap semangat dengan Tuhan, berjaga-jaga supaya hatinya tetap bergairah dengan Tuhan, cinatnya kepada Tuhan tetap sama bahkan semakin dalam.
Rom 12:11 Janganlah hendaknya kerajinanmu kendor, biarlah rohmu menyala-nyala dan layanilah Tuhan.
Pro 31:18 Ia tahu bahwa pendapatannya menguntungkan, pada malam hari pelitanya tidak padam.
Luk 12:35 "Hendaklah pinggangmu tetap berikat dan pelitamu tetap menyala.

Mengapa gadis bijaksana tidak mau membagikan minyaknya kepada temannya ?
Karena sesungguhnya mereka sendiri belum melihat mempelai pria tersebut datang, mereka baru mendengar suara orang yang berseru, makanya mereka tidak berani memberikan minyak mereka kepada temannya, takut mereka juga kehabisan minyak.
Akan tetapi kedatangan Tuhan tidak ada satupun yang tahu kapan.
Mat 25:13 Karena itu, berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu akan hari maupun akan saatnya."

Dan masalah hati atau roh atau keselamatan, tiap-tiap orang bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri. Karena tidak ada orang yang bisa memberikan hati, rohnya atau keselamatannya kepada orang lain. Tiap2 orang berkewajiban menjaganya sendiri.
Pro 4:23 Guard your heart more than anything else, because the source of your life flows from it.

Saran dari gadis bijaksana untuk mereka membeli minyak adalah baik, selama masih ada kesempatan mereka bisa membeli minyak untuk diri mereka.
2Pe 3:15 Anggaplah kesabaran Tuhan kita sebagai kesempatan bagimu untuk beroleh selamat, seperti juga Paulus, saudara kita yang kekasih, telah menulis kepadamu menurut hikmat yang dikaruniakan kepadanya.

Apa yang terjadi pada saat gadis yang bodoh itu berusaha mencari minyak disaat2 terakhir ?Mempelai pria datang, dan mereka yang telah siap sedia masuk bersamaNya, sementara mereka yang tidak siap tertinggal di luar.

Apakah Tuhan itu jahat, pilih kasih terhadap kita ??
Tidak. Semua orang mendapat anugrah dan kesempatan yang sama, tetapi hasil akhirnya berbeda itu adalah tanggung jawab setiap pribadi dengan apa yang mereka kerjakan selama waktu2 yang ada. Adakah mereka menjaga Roh mereka supaya tetap bernyala bagi Tuhan dan tidak sedang dalam keadaan tidur, adakah mereka punya hubungan pribadi dengan Tuhan, dll ?

1Co 15:10 Tetapi karena kasih karunia Allah aku adalah sebagaimana aku ada sekarang, dan kasih karunia yang dianugerahkan-Nya kepadaku tidak sia-sia. Sebaliknya, aku telah bekerja lebih keras dari pada mereka semua; tetapi bukannya aku, melainkan kasih karunia Allah yang menyertai aku.

Col 4:5 Hiduplah dengan penuh hikmat terhadap orang-orang luar, pergunakanlah waktu yang ada.

Eph 5:16 dan pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat.

Karena itu selama waktu masih ada perlengkapi diri kita sebagaimana gadis yang bijaksana mempersiapkan minyak untuk pelita mereka, kita juga harus selalu ada persediaan minyak, artinya jangan biarkan roh kita padam, kasih kita kepada Tuhan pudar, dan kita menjadi suam.

Caranya : bangun hubungan pribadi dengan Tuhan setiap hari dalam doa dan Firman.

KEEP ON GROWING !!! 24-05-07

Tidak ada komentar: